Loading...

Petani Muda Majalengka Latihan Menggunakan Traktor Roda 4

17:24 WIB | Thursday, 12-April-2018 | Pangan | Penulis : Ahmad Soim

Para pemuda tani di Majalengka Jawa Barat berlatih menggunakan tractor roda 4 agar mereka mahir dan bisa mendapatkan tambahan pendapatan dari mengoperasionalkan tractor roda 4.

 

 

 

Pelatihan yang dikemas dalam bentuk workshop ini dilakukan untuk mendukung percepatan tanam periode musim tanam April-September. Adalah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kec Dawuan, Majalengka  bekerjasama dengan Unit Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA) Sinar Pelita yang mengadakan workshop pemanfaatan dan pemeliharaan alat dan mesin pertanian traktor roda 4 ini.

 

 

 

Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari petani muda dan calon operator di wilayah Kecamatan Dawuan.  Kegiatan ini ditujukan untuk optimalisasi penggunaan bantuan Alsintan dari perintah dan menarik minat generasi muda untuk terjun di bidang pertanian.

 

 

 

Saat ini pelaku utama di bidang pertanian mayoritas merupakan petani dengan usia diatas 50 tahun. Data Sensus Pertanian (2013) menunjukkan bahwa dari 26,1 rumah tangga pertanian, sebanyak 3,4 juta (12,87%) merupakan tenaga kerja pertanian berusia kurang dari 34 tahun. Minat generasi muda di bidang pertanian masih rendah.

 

 

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari  ini memberikan  teori singkat mengenai penggunaan panel-panel pada traktor, perawatan traktor, dan praktek langsung di lahan sawah.

 

 

 

"Saya ingin bisa mahir mengoperasikan traktor, yang nantinya bisa menambah penghasilan saya", ujar Asep, salah satu peserta pelatihan.

 

 

 

Dedi, manajer UPJA Sinar Pelita, mengungkapkan bahwa saat ini masih dibutuhkan operator yang mahir mengoperasikan alsintan baik traktor roda 2, roda 4, combine harvester, maupun alsintan lain. Haris

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162