Loading...

Utusan PBB Tertarik Tengok KRPL

17:23 WIB | Monday, 09-April-2018 | Pangan, Komoditi | Penulis : Tiara Dianing Tyas

 

 

Cara Indonesia mengatasi pemenuhan kebutuhan pangan melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ternyata menarik minat Pelapor Khusus Dewan Hak Asasi Manusia Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Terhadap Hak Atas Pangan, Hilal Elver.

 

Dalam pertemuaan dengan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Hilal Elver berencana mengunjungi beberapa lokasi KRPL, salah satunya di DI Yogyakarta. “Dia (Elven,red) ingin melihat langsung bagaimana KRPL mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” katanya.

 

KRPL adalah sebuah kawasan dimana penduduknya  mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan untuk penyediaan bahan pangan di tingkat rumah tangga. KRPL juga mencakup upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya (sekolah, rumah ibadah, dan lainnya), lahan terbuka hijau, serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.

 

Prinsip dasar KRPL adalah pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), dan menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa menuju

 

Amran mengatakan, saat ini ada 1.500 desa yang melakukan implementasi KRPL. Melalui program KRPL ini masyarakat dapat menanam sendiri di pekarangan masing-masing.

 

Manfaat KRPL ungkap Amran, menjadi salah satu cara memotong mata rantai suplai pemasaran pangan. Karena itu dia berharap melalui program KRPL ibu rumah tangga menjadi produktif, menabung, dan menghasilkan sayur yang sehat dan segar.

 

“Dulu saat harga cabai naik, kita fokuskan KRPL untuk menanam cabai. Seluruh rumah tangga kami ajak. Terima kasih pada Ibu PKK, Dharmawanita, IWAPI, Kowani, seluruh organisasi perempuan yang ikut menanam cabai dan kami beri bantuan benih 10 juta batang gratis, lima pot untuk satu rumah tangga," tuturnya. Tia

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162